welcome to asa blog, the blog is about the lessons of transportation. I hope you enjoy it.

Pages

Rabu, 01 Januari 2014

speed hump tanpa aturan

Speed hump itu..?
Pada umumnya memiliki panjang 10 sampai 14 meter (ke arah perjalanan) , membuat mereka berbeda dari pendek " speed hump " ditemukan di banyak tempat parkir , dan memiliki tinggi 3 sampai 4 inci . Profil speed hump bisa melingkar , parabola, atau sinusoidal . Biasanya memiliki ujung yang meruncing pada tepi jalan untuk  memungkinkan drainase tanpa hambatan.
    Di Indonesia speed hump lebih dikenal dengan sebutan polisi tidur . Banyak speed hump di jalan-jalan negara kita ini apalagi jalan lingkungan dan perumahan . setiap ada gedung sekolah atau perempatan pasti diberi speed hump dan bentuknypun bermacam-macam tidak sesuai aturan.saya pernah melintas disuatu pemukiman awalnya saya merasa nyaman karena jalannya halus , tapi setelah masuk lebih dalam makin tidak nyaman dikarenakan banyak speed hump saya hitung hampir setiap 5m ada speed hump . Kebanyakan terbuat dari karet yang cuma dibentangkan dan dipaku , ada juga pakai beton dan lancip tidal landai.Dan pernah motor mio temen saya nyangkut di speed hump ..
    Demi keamanan perumahan atau pemukiman terkadang penempatan speed hump justru membuat gerah pengendara yang melintas . Dampak jangka panjangnya adalah rusaknya shock motor dan bagian bawah kendaraan dan memboroskan bahan bakar akibat stop and go saat menerjang speed hump .
Berdasarkan Keptusan Menteri (KM) Perhubungan Nomor 3 Tahun 1994 tentang Alat Pengendali dan Pengaman Pemakai Jalan,bentuk speed hump yang benar adalah berbentuk landai sehingga nyaman dilewati 
Kurangnya pemahaman tentang peraturan ini menyebabkan ketidak teraturannya pemasangan speed hump yang dilakukan oleh masyarakat .
Beberapa contoh hambatan dipemukiman

2 tambang

1 tambang

karet keras sangat menyebalkan karena getarannya kuat.

tidak keliatan karena diaspal dan hanya di tengah tidak sampai samping.
aduuuhh ga hanya polisi bentuk orang yang merazia pengendara tidak sesuai aturan ternyata polisi tidurpun ikut-ikutan ,,,,,,,
masih banyak contoh speed hump liar tapi segitu dulu yang saya berikan nanti gampang di upgrade ..



0 komentar:

Posting Komentar

masukkan komentar di sini yahh: