welcome to asa blog, the blog is about the lessons of transportation. I hope you enjoy it.

Pages

Selasa, 13 Januari 2015

delapan zona bahaya dalam berkendara

Walaupun sudah berusia 17 tahun dan memiliki SIM, pengendara remaja tetap rentan terhadap kecelakaan. Fakta di AS menunjukkan bahwa pengemudi usia 16 – 19 tahun beresiko mengalami kecelakaan tiga kali lipat dibanding pengemudia usia 20 tahun atau lebih. Berikut 8 zona bahaya yang perlu mendapatkan perhatian:

Zona 1. Kurangnya pengalaman mengemudi. 
     Sebagian besar kecelakaan terjadi pada tahun pertama seorang remaja mulai mengemudi. Dampingi anak remaja Anda saat mengemudi paling tidak selama 30 sampai 50 jam dalam 6 bulan pertamanya

Zona 2. Mengemudikan kendaraan dengan remaja lain.
       Risiko kecelakaan meningkat ketika seorang remaja mengemudikan kendaraan dengan membawa penumpang remaja lainnya.






Zona 3. Mengemudi di malam hari. 
           Untuk semua pengemudi dari semua kelompok umur, kecelakaan fatal lebih mungkin terjadi di malam hari; namun pengemudi di bawah umur pada khususnya mempunyai risiko yang sangat tinggi. Batasi waktu mengemudi anak Anda agar tidak melebihi pukul 9 malam pada 6 bulan pertamanya.


Zona 4. Tidak menggunakan pengaman.
         Cara paling sederhana untuk mencegah kematian atau cedera berat akibat kecelakaan kendaraan bermotor  adalah dengan mengenakan sabuk pengaman atau helm. Wajibkan anak remaja Anda untuk mengenakannya setiap saat, walaupun jarak yang ditempuh tidak jauh.





Zona 5. Tidak fokus saat mengemudi.
     Hal-hal yang dapat mengalihkan perhatian dari jalan akan meningkatkan risiko pengendara di bawah umur terlibat kecelakaan. Larang segala aktivitas yang akan mengalihkan perhatian anak Anda seperti menelpon, membaca atau mengirim SMS, makan atau memainkan perangkat audio di dalam kendaraan.





Zona 6. Mengantuk saat mengemudi. 
     Pengemudi di bawah umur sangat berisiko mengemudi dalam keadaan mengantuk yang banyak mengakibatkan kecelakaan. Pastikan anak remaja Anda dalam keadaan segar bugar sebelum ia mengemudi.






Zona 7. Ugal-ugalan. Pengendara di bawah umur tidak memiliki cukup pengalaman.
         kemampuan menilai dan kematangan emosional untuk menghindari situasi yang berisiko. Bantu anak remaja Anda untuk menghindari perilaku mengemudi yang tidak aman seperti kebut-kebutan, tidak menjaga jarak, dan tidak memperhatikan sekitar (posisi kendaraan/objek lain di jalan raya).




Zona 8: Mengendara di bawah pengaruh alkohol dan obat-obatan.
            Ini sangat berbahaya karena kesadaran pengemudi berkurang sangat drastis.








Diadaptasi dari: 
Centers for Disease Control and Prevention (CDC), AS
http://www.cdc.gov/ParentsAreTheKey/pdf/custom/EightDangerZones_custom-a.pdf

sumber gambar : www.google.com



Semoga bermanfaat.....................salam keselamatan







0 komentar:

Posting Komentar

masukkan komentar di sini yahh: