welcome to asa blog, the blog is about the lessons of transportation. I hope you enjoy it.

Pages

Kamis, 10 Oktober 2013

Fungsi Klakson


Tahukah siapa penemu klakson ??
klakson ditemukan oleh Miller Reese Hutchison,beliau merupakan kerabat Thomas Edison.klakson diterapkan pada mobil mulai tahun 1908.pertama kali klakson ini dipasang pada mobil pribadi yang arus listriknya berasal dari baterai sel kering dengan daya 6 volt pada tahun 1911.arus listrik untuk membunyikan klakson menggunakan baterai yang bisa diisi ulang(wikipedia).
Pada dasar nya klakson digunakan untuk mengusir binatang yang ada di jalan.tapi sekarang sudah banyak pengalihan fungsi klakson antara lain  :

  1. sebagai alat komunikasi

           klakson di zaman sekarang tidak untuk mengusir binatang melainkan untuk alat komunikasi antar pengendara contohnya untuk 

  • Menyapa
          Pastinya kalian sering melakukan sapaan menggunankan klakson jika berpapasan dengan teman,tetangga,kerabat,guru,dll.Hal ini dilakukan karena ga mungkin kita teriak-teriak memanggil nama temen kita yang lagi berkendara.selain dikiranya bentak pasti ga bakalan dengar.

  • Meberi isyarat saat lampu hijau menyala
          Ga asing lagi bagi kita warga indonesia dengan bunyi klakson di bawah lampu merah.yah inilah bukti ketidak sabaran masyarakat indonesia ga bisa menunggu sekian detik untuk segera melaju.alat untuk memberi isyarat biar cepet jalan yaitu dengan memencet klakson meski jelas-jelas sudah countdownnya.

  • Tanda meminta ruang untuk menyalip
          kondisi ini banyak terlihat di jalan raya,apabila suatu kendaraan akan menyalip kendaraan di depannya,maka akan meminta ruang dengan klakson agar diberi ruang untuk menyalip.

  • Alat untuk mengembalikan konsentrasi pengendara lain
          Klakson juga berperan dalam keselamatan berkendara yaitu untuk mengingatkan pengendara yang lalai agar segera kembali fokus.

2. Sebagai alat perayaan
    Salah satu penggunaan klakson yang kurang tepat yaitu untuk perayaan semisal saat ada iring-iringan pengantin,hal ini biasa terjadi di daerah-daerah perkampungan saat akan mengiringi pengantin dari tempat mempelai wanita ke mempelai laki-laki dan sebaliknya.ini sangat menggangu ketenangan baik pengendara lain maupun warga yang dilewati.
    Perayaan kelulusan,entah mulai kapan tradisi ini muncul dari tingkat SMP hingga SMA/SMK jika pengumuman hasil ujian keluar langsung berbondong-bondong puluhan bahkan ratusan siswa turun ke jalan dengan kendaraannya untuk berkeliling merayakan kelulusannya.dan suara klakson pun tidak bisa di singkirkan
    Ga kalah lagi saat ada pemilihan baik lurah maupun daerah para pendukung calon yang menang pasti akan berkeliling membunyikan iyel-iyel dan suara klakson "ti ti ti tit mbremm mbreemm"...
    Zaman sekarang jenis klakson sangat variatif ada yang seperti suara terompet , suara binatnag dll. klik disini untuk melihat video.


sekian dulu tulisan saya para blogers..see you next time..

bagi para blogers yang ingin menambahkan silahkan ketik di kolom komentar yahh..mungkin dari pengalaman anda terkait penggunaan klakson yang belum tertulis di atas..,yang pasti di zaman sekarang..ok

0 komentar:

Posting Komentar

masukkan komentar di sini yahh: